• Seminar & Workshop Keperawatan “Metode Perawatan Luka Terkini Pada Kanker Payudara (Paliative Care) Serta Peluang Praktek Mandiri Keperawatan”

    SEMINAR & WORKSHOP KEPERAWATAN

    “METODE PERAWATAN LUKA TERKINI PADA KANKER PAYUDARA (PALIATIVE CARE)

    SERTA PELUANG PRAKTEK MANDIRI KEPERAWATAN”

     

    Dihari jumat dan sabtu tanggal 4 – 5 Desember 2015 RS Kramat 128 menyelenggarakan seminar dan workshop yang dikhususkan untuk tenaga perawat bertempat di Gd. PMI DKI Jakarta, Jakarta Pusat. Seminar yang dihadiri lebih dari 50 peserta ini, dihadiri oleh perawat dari beberapa rumah sakit dan Mahasiswa/i Keperawatan dari berbagai instansi perguruan tinggi. Seminar ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Ulang Tahun RS Kramat 128 ke 37 tahun. Tujuan dari kegiatan ini adalah Memberikan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensip tentang penanganan luka kanker serta Mengembangkan pengetahuan tentang pelaksanaan dan pengelolaan praktek mandiri keperawatan khususnya pada perawatan luka pada kanker payudara (palliative care) untuk tenaga perawat.

    Dalam rangkaian acara  kegiatan seminar dan Workshop ini acara dibuka oleh Direktur RS Kramat 128 yaitu dr. Harijadi, Sp. A, MARS. Dilanjutkan opening ceremonial dengan tarian Hand Hygiene RS Kramat 128. Selain itu dalam seminar ini mengahadirkan pembicara yang ahli dibidangnya antara lain :

    dr. Dyah Agustina Waluyo beliau merupakan Dokter Praktek RS Kramat 128. Dr. Dyah membawakan materi mengenai Palliative Care pada Kanker Payudara. Palliative Care yaitu Terapi untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan, gejala yang timbul dan stres yang timbul akibat kondisi penyakit yang berat. Secara singkat tujuan dari terapi palliative care  adalah Meningkatkan kualitas hidup pasien, dilakukan disetiap tingkat stadium penyakit, dan dapat dilakukan di rumah atau rumah sakit atau pusat kesehatan lainnya.

    Ns. Tioma Naibaho, S.Kep, CWCC. membawakan Materi dengan Tema “Metode Perawatan Luka Terikini” dan “Metode Perawatan Luka Kanker Payudara”. Materi yang dibawakan Ns. Tioma bertujuan agar memberikan edukasi serta keahlian dalam melakukan metode perawatan luka dan luka pada penderita kanker payudara. Prinsip perawatannya adalah minimalisasi terjadinya perdarahan/trauma, menhindari temperature yang ekstrim dengan  menggunakan balutan hemostatik dan monitor adanya anemia.

    Ibu Fathia yang merupakan pembicara dari BSN Medical. Membawakan materi Dressing and Moist Healing, Peserta diajarkan teknik dengan metode modern dressing. Yang menjadi perbedaan mendasar antara modern dressing dan traditional dressing adalah modern dressing mudah dilepaskan sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada luka, sedangkan traditional dressing mudah melekat, sehingga menyebabkan kerusakan dan kesakitan. Konsep moist wound dressing adalah kelembaban. Jika luka banyak memproduksi cairan maka dipakai balutan yang menyerap cairan, luka yang kering menggunakan balutan yang memberi kelembaban dan luka yang lembab gunakan balutan yang dapat menjaga kelembaban.

    Ns. Marina Ruran, S.Kep, RN, WOC (ET) N. tema materi yang dibawakan adalah Nutrisi Pada Pasien Kanker. Malnutrisi merupakan salah satu komplikasi yang terjadi pada pasien cancer dan akan menyebabkan dampak yang negatif pada pasien. Dalam seminar Ns. Marina memberikan tips kepada para peserta untuk mengkomsumsi Buah dan Sayur karena kanduangan nutrisinya dapat mencegah resiko terkena kanker payudara ” makin banyak makan buah dan sayur makin besar daya lindungnya terhadap kanker payudara”.  Selanjutnya Ns. Marina Juga Membawkan materi “Enterpreneur For Nursing”. Disini peserta diajak untuk melihat peluang kesempatan menjadi seorang enterpreunership. Enterpreunership adalah Seseorang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang, me-manage sumber daya yang dibutuhkan serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan sukses secara berkelanjutan. Ruang Lingkup Keperawatan yang dapat dijadikan lahan untuk praktek mandiri keperawatan antara lain luka, Stoma, Inkontinensia, Pediatric, Geriatri, Paliatif home care, Oncology, Maternity, Komunitas, jiwa, dll.

    Selanjutnya peserta diajak untuk melakukan Aplikasi materi semiinar lewat Workshop Dressing Modern. Peserta dibimbing oleh narasumber juga oleh tim BSN Medical yang menjadi salah satu pendukung dari acara tersebut untuk mempraktekan bagaimana metode perawatan luka.

    Leave a reply →
  • Posted by aliyus on April 1, 2016, 9:10 am

    bolehkah mendapatkan materinya?

    Reply →

Leave a reply

Cancel reply