• Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran RS Kramat 128

    Selasa, 23 Maret 2016. RS Kramat 128 mengadakan kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran. hal ini merupakan upaya RS Kramat 128 untuk melatih serta menyiapkan sumber daya dalam penanggulangan bencana  sesuai dengan standard operasional prosedur penanggulangan bencana yang sekaligus sebagai kegiatan untuk menguji cobakan sistem  siaga bencana  dengan tujuan  keselamatan. pada kegiatan ini RS Kramat 128 berkerjasama dengan pihak dinas pemadam kebakaran dan kepolisian.

    Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, Kebakaran dapat membawa konsekuensi yang berdampak merugikan banyak pihak apalagi bila terjadi di rumah sakit, kesiapan rumah sakit dalam melindungi pasien pun harus menjadi prioritas dan keharusan. Dalam prosedur penanggulangan bencana kebakaran di rumah sakit, setiap pegawai RS Kramat 128 harus dapat melakukan kemampuan dasar yang meliputi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Evakuasi Bencana, Bantuan Hidup Dasar.

    Simulasi penanggulangan bencana kebakaran RS Kramat 128  dilakukan di Lt. 3 RS Kramat 128 yang menjadi timbulnya sumber api, dengan sigap petugas yang berdinas di Lt. 3 melakukan prosedur penangan serta melakukan panggilan “Code Red” yang artinya terjadi kebakaran. Petugas helm merah bertugas sebagai pemadam api, Helm biru bertugas melakukan evakuasi pasien, helm putih bertugas mengevakuasi dokumen-dokumen, dan Helm kuning bertugas mengevakuasi alat-alat medis. Tim penangulangan Bencana RS Kramat 128 dengan sigap melakukan koordinasi dengan insiden commander serta seluruh petugas yang bertangggung jawab melakukan evakuasi pada pasien serta lainya. Pasien yang dilakukan evakuasi di kamar perawatan lt. 3 dan lt. 2 juga pasien ICU  dengan cara prosedur evakuasi menuruni tangga. Semua Petugas dan pasien yang telah berhasil evakuasi berkumpul di titik kumpul (Area kumpul). Pasien yang di evakuasi kemudian dilakukan indentifikasi, pasien dengan level merah di evakuasi ke Instalasi Gawat Darurat untuk mendapatkan pertolongan tim medis, sedangkan pasien dengan level kuning dan hijau tetap dilakukan evakuasi oleh tim helm biru. Dinas Kebakaran yang datang selanjutnya melakukan pemadaman dengan tim helm merah RS Kramat 128, hingga api padam dan kondisi dapat dikendalikan.

    Simulasi penanggulangan bencana kebakaran merupakan kegiatan kesiapsiagaan RS Kramat 128 dalam mengahadpi bencana. hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa RS Kramat 128 berkomitment dalam meningkatkan mutu pelayanan dan Keselamatan terhadap pasien yang berkungjung ke RS Kramat 128.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply