• WASPADA KANKER PADA ANAK

    WASPADA KANKER PADA ANAK

    Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker. Walaupun belum diketahui penyebabnya, namun munculnya kanker pada anak diduga disebabkan oleh penyimpangan pertumbuhan sel. Selain itu, sel kanker juga bisa muncul akibat pengaruh lingkungan.

    Ada beberapa kanker yang sering dialami anak-anak, yakni kanker darah (leukemia), kanker mata (retinablastoma), tumor otak, kanker tulang, kanker kelenjar getah bening, kanker ginjal, kanker saraf (neuroblastoma), dan kanker jaringan otot (rabdomiosarkoma).

    1. Leukemia

    Leukemia atau yang dikenal dengan kanker darah adalah kanker yang paling banyak dijumpai pada anak – anak. Leukemia mempunyai harapan sembuh dengan pengobatan yang tepat dan benar. Gejala yang perlu diwaspadai dan sering ditemukan antara lain pucat, demam yang tidak jelas sebabnya, pendarahan yang tidak jelas sebabnya, nyeri tulang, dan pembengkakan perut.

    1. Retinablastoma

    Retinablastoma atau kanker retina mata adalah kanker yang sering juga dijumpai pada anak. Gejala yang perlu diwaspadai adalah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang bersinar apabila terkena cahaya (seperti mata kucing). Lalu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling, dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar.

    1. Tumor Otak

    Tumor otak dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat karena terletak di dalam rongga tengkorak.

    Gejala yang harus diwaspadai pada tumor otak adalah sakit kepala disertai mual sampai muntah hebat. Dapat pula disertai daya penglihatan berkurang, penurunan kesadaran atau perubahan perilaku. Hal lain yang perlu dicurigai juga adalah terdapat gangguan berbicara dan keseimbangan tubuh, anggota gerak lemah atau kejang.

     

    1. Kanker Tulang

    Pembengkakan yang cepat apabila disertai rasa nyeri pada tulang, perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang atau osteosarkoma.

    Kanker tulang dapat menyerang setiap bagian tulang, tetapi yang terbanyak ditemukan pada tungkai, lengan dan pinggul. Kadang-kadang didahului oleh rudapaksa (benturan keras) seperti jatuh dan sebagainya

    1. Kanker Kelenjar Getah Bening

    Limfoma maligna atau kelenjar getah bening adalah kanker yang biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran dapat terjadi di daerah leher, ketiak, selangkangan, usus.

    Bila timbulnya di kelenjar getah bening usus, maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus dengan gejal sakit perut, muntah, tidak bisa buang air besar, dan demam. Bila tumbuh di daerah dada, maka dapat mendorong atau menekan saluran nafas.

     

    1. Kanker Ginjal

    Tumor Wilms adalah kanker ginjal yang paling sering di jumpai pada anak di bawah 5 tahun. Kanker ini dapat ditandai dengan kencing berdarah, rasa tidak enak di daerah perut, bila sudah cukup besar akan teraba keras dan biasanya diketahui ketika anak di mandikan.

     

    1. Kanker Saraf

    Neuroblastoma adalah suatu jenis kanker saraf yang dapat menunjukan banyak gejala yang tergantung pada letaknya. Neuroblastoma dapat terjadi di leher, rongga dada, dan mata. Bila terdapat di daerah mata dapat menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil menyebar. Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan.

    Tumor di daerah perut akan teraba bila sudah besar. Penyebaran pada tulang dapat menyebabkan patah tulang tanpa sebab dan tanpa nyeri.

    1. Kanker Otot

    Kanker ini dijumpai pada otot dimana saja, biasanya pada anak di daerah kepala, leher, kandung kemih, dan alat kelamin.

    Gejala yang di timbulkan bergantung pada letak kanker. Bila pada ronggga mata, menyebabkan mata menonjol. Di telinga menyebaban nyeri atau keluarnya darah dari lubang telinga. Di tenggorokan menyababkan sumbatan jalan nafas, radang sinus (rongga – rongga sekitar hidung), keluar darah dari hidung (mimisan), atau sulit menelan.

    Di saluran kemih menyebabkan gangguan buang air kecil atau air seni berdarah. Bila mengenai saluran pencernaan dapat menyebabkan gangguan buang air besar. Bila mengenai otot anggota gerak akan terjadi pembengkakan.

    (Sumber: http://www.yoaifoundation.org)

    Sebagai orang tua tentu harus peka terhadap kondisi anaknya. Di lingkungan yang sudah banyak tercemar seperti sekarang risiko kanker anak bisa meningkat. Jika anak atau kerabat anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas silakan segera hubungi dokter.

    Editor: Dr. Haridini Intan Setiawati Mahdi, Sp.A-Onk (Dokter Spesialis Onkologi Anak RS Kramat 128)

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply